Search Engine


powered by FreeFind

Kamis, 04 September 2008

Muhammad mengikuti Ahlul Kitab

Muhammad mengikuti kebiasaan Ahlul kitab (Yahudi dan Kristian)

Buchari, Volume 7, Book 72, Number 799:

Narrated Ibn 'Abbas:

The Prophet used to copy the people of the Scriptures in matters in which there was no order from Allah. The people of the Scripture used to let their hair hang down while the pagans used to part their hair. So the Prophet let his hair hang down first, but later on he parted it.

Diriwayatkan oleh Ibn Abbas
Nabi dulu suka meniru ahli kitab dalam hal-hal di mana tidak ada perintah dari Allah. Ahli kitab biasanya membiarkan rambut mereka tergantung (terurai)ke bawah sedangkan pemuja berhala biasanya membelah rambut mereka. Maka nabi membiarkan rambutnya tergantung ke bawah pada awalnya, tetapi belakangan dia membelahnya.

padahal dalam Hadith sebelumnya dikatakan

sabda Rasulullah s.a.w :
"Jangan kamu berbuat dan mengikuti seperti perbuatan (ajaran) Yahudi, dan jangan kamu menganggap halal terhadap larangan-larangan Allah walaupun dengan siasat yang paling kecil." [HR.Buchari]
"

Dari Abu Sa’id (al-Khudry) bahwasanya Nabi shallallâhu 'alaihi wa sallam bersabda: “Sungguh kalian akan mengikuti sunnah (cara/metode) orang-orang sebelum kamu, sejengkal-demi sejengkal, sehasta demi sehasta, hingga andaikata mereka menelusuri lubang masuk ‘Dlobb’ (binatang khusus padang sahara, sejenis biawak-red), niscaya kalian akan menelusurinya pula”.

[Kami (para shahabat) berkata: “Wahai Rasulullah! (mereka itu) orang-orang Yahudi dan Nashrani?”. Beliau bersabda: “Siapa lagi (kalau bukan mereka-red)”. {H.R.al-Bukhary, Imam Muslim, Ahmad dan Ibnu Majah)

erti hadith: Beliau menegaskan bahwa di dalam mengikuti dan meniru-niru gaya hidup mereka tersebut (yahudi dan kristian), umatnya (islam) melakukannya secara bertahap dari mulai sejengkal, sehasta dan seterusnya (sebagaimana terdapat di dalam tambahan riwayat yang lain).
tetapi nyatanya Muhammad mengikuti jejak ahlu kitab seperti hadith diatas, sungguh naif dan munafek nabi yang satu ini?? inikah akhlaqul karimah dari nabi bin munafek??!!

Tidak ada komentar: